Desember 1, 2022

INSPEKTORAT

Pemerintah Kabupaten Ponorogo

PEMERINTAH KABUPATEN PONOROGO 10 KALI BERTURUT-TURUT RAIH PENGHARGAAN WTP

Pemerintah Kabupaten Ponorogo menerima penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia (RI) atas capaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam penyusunan laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Ponorogo Tahun Anggaran 2021.

Mewakili Pemerintah Republik Indonesia, penghargaan tersebut diserahkan oleh Gubernur Provinsi Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kepada Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko di Isyana Ballroom Hotel Bumi Kota Surabaya, Senin 14 November 2022. Turut hadir mendampingi Sekretaris Daerah, Inspektur Kabupaten Ponorogo dan Kepala BPPKAD.

Penghargaan itu atas capaian standar tertinggi dalam Penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2021. Ini merupakan prestasi besar yang diraih pemerintah di Bumi Reog yang telah menerima untuk sepuluh kali berturut-turut. “Kami ucapkan terimakasih kepada Sekda dan jajarannya. Sebetulnya, ini bukan prestasi, tapi kewajiban bahwa standar yang TOP ya harus WTP,” kata Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko

Penghargaan dari Kemenkeu RI Lebih lanjut Kang Giri, sapaan akrab, Sugiri Sancoko menegaskan bahwa laporan baik dan mendapatkan WTP itu kewajiban. Selain itu, ia menganggap bahwa ini adalah kerja keras semua pihak. “Mudah-mudahan tahun depan dan seterusnya tetap mampu mempertahankan capaian ini, sekaligus memperbaiki kualitas WTP,” lanjut Kang Giri.

Sementara itu, Gubernur Khofifah menyampaikan bahwa penghargaan WTP adalah instrumen untuk melaksanakan pengelolaan keuangan daerah yang akuntabel dan transparan. Pihaknya berharap outcome dari diperolehnya Opini WTP ini dapat meningkatkan percepatan kesejahteraan masyarakat.

Sebagai diketahui, penyerahan piagam dan plakat opini WTP diserahkan oleh Gubernur Provinsi Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa didampingi Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Timur, Taukhid kepada Pemerintah Kabupaten/Kota yang telah meraih opini WTP dari Badan Pemeriksaan Keuangan RI (BPK RI).